Minggu, 25 September 2011

Alat Bidik (pada senjata api) Berikut Variannya

Alat bidik besi pada laras
senapan serbu SIG SG 550
Alat bidik, Bidikan, Pisir (pada senjata api) adalah sebuah alat (perangkat) optik yang berfungsi untuk memandu pandangan mata pada alat bidik pada senjata api atau alat lainnya. Alat bidik banyak digunakan pada teleskop, senjata api, dan berbagai macam alat ukur yang menggunakan alat bidik.

Ragam alat bidik antara lain : bidikan besi, bidikan laser, bidikan reflex, bidikan intip (peep), bidikan teleskopik. Ada juga alat bidik yang digunakan pada pesawat tempur antara lain alat bidik reflektor (dalam bahasa Inggris : reflector sights) dan bidikan gyro (dalam bahasa Inggris : gyro gunsights), kedua jenis alat bidik ini digunakan pada perang dunia kedua, dan banyak dipakai antara tahun 1930an sampai 1960an.

Tapi pada pembahan kali ini, kita akan membahas tentang alat bidik yang ada pada senjata api. Ok, mari kita bahas satu persatu jenis-jenis alat bidik dari yang era konvensional hingga yang digunakan saat ini :

Bidikan besi

Bidikan besi atau Pisir besi (senjata api) adalah sebuah sistem penanda sejajar yang berfungsi untuk melakukan bidikan pada peralatan-peralatan seperti senjata api, busur silang (crossbow), dan juga teleskop, peralatan dengan bidikan besi tidak menggunakan bidikan optik untuk melakukan bidikan pada sasaran.

Bidikan (pisir) besi terdiri dari dua buah bagian yang terbuat dari bahan besi. Bidikan bagian belakang berdiri tegak sejajar dengan sudut pandangan mata (line of sight) biasanya berbentuk cekukan (notch) model huruf V atau U untuk bidikan tipe open sight atau aperture untuk bidikan tipe closed sight, sedangkan bidikan (pisir) bagian depan biasanya berbentuk post, bead (bentuk sirip atau bulat), dan cincin. 

Gambar yang terlihat diatas ialah contoh dari membidik menggunakan bidikan (pisir) besi pada pistol mitraliur Heckler & Koch MP5.


Bidikan teleskopik

Bidikan teleskopik adalah bidikan optik (menggunakan lensa) yang berguna untuk memberikan tambahan akurasi menggunakan titik sasaran (pada salah satu atau kedua buah lensa) pada senjata api, busur silang (crossbow).

Gambar yang terlihat disebelah ialah contoh dari bidikan teleskopik dengan kemampuan pembesaran (zoom) 4x





Reflex sight

Reflex sight adalah bidikan optik yang memantulkan (Bahasa Inggris : reflect) benda atau objek pada bahan kaca (optik) yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan memfokuskan sasaran. Bidikan reflex dibuat sebagai bidikan optik tanpa kemampuan memperbesar sasaran. Bidikan ini tidak memancarkan seberkas sinar (seperti halnya bidikan laser) pada sasaran.

Gambar yang terlihat disebelah ialah contoh dari bidikan reflex red dot sight merk Tasco ProPoint 2 5 MOA (model PDP2ST), yang dipasang pada senapan serbu Ruger 10/22. Bidikan ini buatan Jepang untuk Tasco, bidikan Tasco ProPoint 2 merupakan salah satu model bidikan reflex red dot sight generasi awal.


Bidikan laser

Bidikan laser adalah bidikan yang menggunakan sinar laser sebagai pemandu tembakan ke sasaran, biasanya dipasang sejajar dengan laras senjata api. Sinar laser yang digunakan biasanya berwarna merah, tapi saat ini ada juga bidikan laser yang menggunakan warna hijau sebagai warna sinar lasernya.

Gambar yang terlihat disebelah ialah senapan Karabin M4 yang sudah dilengkapi dengan bidikan laser AN/PEQ-2A.


Itulah tadi ke-4 varian alat bidik yang sering digunakan pada senjata api. Tapi dengan cepatnya perkembangan teknologi, maka saya yakin bahwa untuk kedepannya akan muncul lagi alat bidik dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar