Senin, 02 Mei 2011

Kronologi Kematian Osama Bin Laden

Kronologi Kematian Osama Bin Laden. Pimpinan Al Qaeda yang paling diburu dunia, Osama Bin Laden akhirnya tewas dalam sebuah serangan yang dilancarkan pasukan elit Angkatan Laut AS, SEAL pada Minggu, 1 Mei pagi waktu setempat. 

Osama Bin Laden bersembunyi di kota Abbottabad dekat ibukota Islamabad pakistan. Dirumah mewah yang ditaksir berharga $1 juta, Osama bersembunyi bersama putranya. Sebelumnya intelejen AS menyebutkan bahwa Osama bersembunyi di gua gua perbatasan Afganistan dan Pakistan.



Gedung tempat pensembunyaian Osama itu dibangun pada tahun 2005 dan tampaknya telah menjadi kediaman keluarga Osama selama beberapa waktu. Bangunan itu berada di daerah Abbotabad, tempat banyak pensiunan pejabat militer Pakistan tinggal. Bangunan tersebut terlihat berbeda dari rumah-rumah warga lainnya. Bangunan itu delapan kali lebih besar dari rumah warga sekitar.

Bangunan itu dilengkapi dengan dua gerbang keamanan dan dikelilingi oleh tembok-tembok tinggi setinggi 12-18 kaki atau sekitar 3,6 meter hingga 5,4 meter. Bagian atas tembok-tembok tersebut dipasangi kawat berduri.

Keberhasilan pasukan khusus Amerika membunuh Osama Bin Laden jelas merupakan hasil operasi intelijen yang cukup rumit. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menemukan bangunan tersebut. Awalnya, badan intelijen AS, CIA melacak seorang pria yang diyakini sebagai kurir kepercayaan Osama.

Kemudian empat tahun lalu, identitas pastinya ditemukan dan pada Agustus lalu, tempat yang sering dikunjunginya di Pakistan diketahui otoritas AS. CIA kemudian menyadari bahwa teroris tingkat tinggi bersembunyi di sana. Selama berbulan-bulan kemudian, para analis menyimpulkan bahwa itu kemungkinan Osama.

Pasukan khusus Amerika datang menggunakan helikopter. Tim lain menyusup lewat jalan darat. Pengawal Osama yang berjaga memberi perlawanan sengit. Terjadi baku tembak antar kesua kubu. Pasukan pengawal Osama bahkan menggunakan seorang perempuan--tak disebut siapa dia--sebagai perisai hidup. 

Dalam baku tembak inilah Osama Bin Laden tewas. Timah panas menembus kepala orang yang paling ditakuti ini. Dalam penyerbuan, selain Osama, seorang putra Osama dan tiga pengawalnya tewas, juga perempuan malang yang menjadi tameng tadi. 


Sumber : http://www.wartaberita.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar