Selasa, 17 Mei 2011

Yakhont (Rudal Jelajah Supersonic TNI-AL)



Ada kabar gembira di tengah berita minimnya perkembangan persenjataan Indonesia. Pasalnya TNI-AL kini sudah membeli rudal supersonic terbaru untuk menambah kemampuan (fire power) pada kapal-kapal perang. Rudal tersebut adalah Yakhont buatan Rusia. Rudal di mempunyai kode P-800/SSN-X-26. Beberapa kehandalan Yakhont yang tak dimiliki rudal anti permukaan TNI-AL sebelumnya adalah Yakhont mempunyai kecepatan maksimum hingga 2,5 Mach. Ditambah lagi Yakhont punya jangkauan tembak sangat jauh, tak tanggung-tanggung yaitu 300 Km. Dua kemampuan tadi yang hingga kini belum dimiliki jajaran rudal anti kapal TNI-AL. Seperti diketahui TNI-AL mempunyai rudal Exocet MM30/40, Harpoon dan C802. Tapi dibalik itu, Yakhont mempunyai bobot dan dimensi yang terbilang bongsor di kelasnya. Harga satu unit Yakhont ditaksir sekitar US$ 1,2 juta.

Untuk pertama kalinya pada hari Rabu, 20 April 2011, sebuah rudal Yakhont berhasil di ujicoba tembak oleh TNI AL di perairan Samudera Hindia. Lewat ujicoba ini akhirnya diketahui penempatan Yakhont, yakni di jenis frigat TNI AL kelas Van Speijk buatan Belanda. Saat uji coba 20 April, Yakhont diluncurkan dari KRI Oswal Siahaan (354). Dalam uji coba, sasaran tembak Yakhont berada dilintas cakrawala, yakni menghantam target dengan jarak 135 mil laut atau sekitar 250 km. Target Yakhont adalah eks KRI Teluk Bayur (502), sebuah LST (landing ship tank) keluaran tahun 1942 yang dibuat di Amerika Serikat.

Proses peluncuran Yakhont dari KRI Oswald Siahaan

Posisi penutup tabung peluncur Yakhont di frigat Van Speijk TNI AL

Ssaat ini 16 KRI sudah dipasang rudal Yakhont, yaitu enam pada kapal jenis frigat dan 10 di kapal perang Korvet. Masing-masing frigat dipasang delapan unit Yakhont sedangkan Korvet sebanyak empat unit. Pemasangan dilakukan sepenuhnya oleh PT PAL Surabaya.

Ciri khas Yakhont dilengkapi air intake mirip pesawat tempur MIG era masa lalu

Brahmos/Yakhont dalam sebuah parade militer di India

Model truck pengangkut/pelontar Yakhont

Pola Penembakan Yakhont dari kapal perang

Pola penembakan Yakhont dari daratan ke laut

Spesifikasi 
  • Negara Pembuat : Rusia
  • Pabrikan : Beriev
  • Jangkauan Tembak : 300 Km pada manuver jelajah tinggi & 120 Km pada menuver jelajah rendah
  • Kecepatan : 2 – 2,5 Mach
  • Ketinggian Terbang : 5 – 15 meter (fase terakhir sebelum mengenai target)
  • Berat Bahan Peledak : 200 Kg
  • Pengarah Navigasi : aktif pasif & radar pencari panas
  • Jangkauan Tembak Minimum : 50 Km
  • Propulsi : solid propellant booster stage dan liquid propellant ramjet sustainre motor
  • Media Peluncuran : dari pesawat, kapal permukaan dan dari daratan
  • Berat : Rudal 3,000 Kg & Rudal plus kontainer 3,900 Kg

Video

Tidak ada komentar:

Posting Komentar